Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Tutup Usia di Malaysia

Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra meninggal dunia di Malaysia.
Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra meninggal dunia di Malaysia. Foto: Detik.com

Komparatif.ID, Selangor— Ketua Dewan Pers Indonesia Azyumardi Azra tutup usia, Minggu pukul 12.30 waktu setempat (18/9/2022). Mantan rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta meninggal dunia usai mengalami serangan jantung dalam perjalanan menuju Malaysia.

Koordinator Fungsi Penerangan Sosial Kebudayaan Kedutaan Besar Indonesia untuk Malaysia Yoshi Iskandar mengkonfirmasi wafatnya Azyumardi Azra.

“Innalillahi wainnalillahi rajiun, Prof Azyumardi telah meninggal dunia, posisi di Rumah Sakit (RS) Serdang Selangor,” sebut Yoshi melalui Kantor Berita Antara.

Sama-sama berasal dari UIN Jakarta, Direktur Eksekutif Indikator  Burhanudin Muhtadi mencuitkan kabar duka cendikiawan muslim yang meninggal diusia 67 tahun sebagai kehilangan besar.

“Selamat jalan Prof Azyumardi Azra. Belum hilang rasa sedih kita kehilangan Buya Syafii Maarif, sekarang ditambah dengan berpulangnya Buya Azra. Semoga husnul khatimah,” tulis Burhanudin.

Azyumardi Azra dikenal sebagai sebagai salah seorang cendikiawan muslim terbaik Indonesia. Ia lebih banyak berkutat di dunia pendidikan. Prof Azra sempat menjadi wartawan Panji Masyarakat pada medio 1979-1985. Lalu posisi terakhirnya memimpin Dewan Pers sejak 19 Mei 2022 lalu.

Menurut Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Hermono, mantan Rektor UIN Jakarta dari 1998 hingga 2006 itu mengalami serangan jantung dalam perjalanan menuju Kuala Lumpur.

“(Kena) serangan jantung,” ujar Hermono kepada Kompas.com, Minggu (18/9/2022).

Sebelumnya dikabarkan, perjalanan Azyumardi ke Malaysia untuk memenuhi undangan sebagai pembicara untuk Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM) di Konferensi Internasional Kosmopolitan Islam yang dilaksanakan pada 17 September kemarin di Selangor.

Pada Jumat sore (16/9/2022), Presiden ABIM Muhammad Faisal Abd Aziz mengkonfirmasi Azyumardi sebagai salah satu pembicara utama. Beliau bergabung bersama pembicara dari Malaysia, Indonesia, serta Brunei Darussalam. Konferensi itu dibuka oleh Anwar Ibrahim, Ketua  Emeritus Insitut Pemikiran Islam (IIIT).

Namun beberapa saat setelah mendarat di Selangor Azyumardi mendadak sakit, petugas keamanan bandara segera melarikan ke beliau ke Rumah Sakit Serdang Selangor. Beliau dikabarkan mendapatkan perawatan di ruangan khusus bagi penderita Covid-19.

Artikel SebelumnyaZahra Hamid Juara I Lomba Pidato Perempuan & Politik
Artikel SelanjutnyaAnak di Bawah Umur Terlibat Kasus Pencurian di Bener Meriah
Fuad Saputra
Jurnalis Komparatif.ID biro Malang yang bercita-cita menjadi Ultramen. 👽

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here