Tangan Dingin H. Mukhlis Diapresiasi Kader Golkar

H. Mukhlis
H. Mukhlis, A.Md, Ketua DPD II Partai Golkar Bireuen. Foto: Dok. Komparatif.ID.

Komparatif.ID, Bireuen—H. Mukhlis baru berkecimpung di dalam politik praktis, sejak abang kandungnya H. Saifannur (alm) menjadi Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Bireuen. H. Mukhlis dilantik sebagai Ketua DPD II Golkar Bireuen pada Senin (24/8/2020) pada Musda IV Golkar Bireuen di AAC Ampon Chiek Peusangan, Universitas Almuslim.

Sebelum dipimpin oleh klan Cut Hasan, Golkar Bireuen sempat menjadi pesakitan di Kota Juang. Mereka menjadi minoritas, meski sejumlah tokoh besar Bireuen merupakan kader Partai Golkar.

Bermula pada Pileg 2014, Golkar Bireuen secara perlahan memperbaiki citra di tengah masyarakat. Pada pesta demokrasi tersebut, Golkar Bireuen berhasil mengirimkan empat wakilnya ke DPRK Bireuen.

Nama Partai Golkar semakin bersinar setelah Pilkada Bireuen 2017. Nama besar H. Saifannur yang berhasil menjadi Bupati Bireuen, ikut berdampak pada perolehan kursi DPRK. Pada Pileg 2019, Golkar Bireuen meraih tujuh kursi, plus 1 wakilnya ke DPRA atas nama Ilham Akbar.

Baca: Renovasi Masjid Besar Peusangan, Mukhlis Sempat Dituding Tentara Abrahah

Pada 19 Januari 2020, H. Saifannur meninggal dunia. Saat itu Mukhlis yang menjabat Ketua Harian Golkar Bireuen, dipercaya melanjutkan nakhoda. Tidak ada sosok yang lebih kuat kala itu selain Direktur Utama Takabeya Perkasa Group.

Setelah dipilih secara aklamasi sebagai Ketua DPD II Partai Golkar, H. Mukhlis mulai melanjutkan estafet kepemimpinan di partai berlambang beringin itu.

Mukhlis melakukan restrukturisasi. Semakin banyak anak muda yang diajak bergabung. Proses penyemaian kader di tengah masyarakat pun dimulai. Mukhlis yang didukung oleh finansial kuat dan leadership mumpuni, mengubah Partai Golkar Bireuen sebagai parpol yang semakin disegani.

Ia memasang target besar. Pada Pileg 2024 mereka harus mampu meraih kursi maksimal, supaya bisa mendapatkan posisi Ketua DPRK Bireuen. Syauqi Futaqi—kader muda paling bersinar di Golkar Bireuen—dua periode di DPRK sebelum Pemilu 2024—mendapatkan tugas tambahan. Memperluas jejaring partai. Demikian juga kader-kader lainnya. Diberikan tugas sesuai porsi masing-masing.

“Kita harus mencapai kursi maksimal. Kita harus mampu mendapatkan posisi ketua,” sebut Mukhlis dalam setiap kesempatan.

Perjuangan Golkar membuahkan hasil. Pada Pemilu 2024, Golkar Bireuen meraih sembilan kursi di DPRK Bireuen, plus satu kursi di DPRA atas nama Ilham Akbar. Capaian itu disambut gegap gempita.

Kemenangan Golkar di Bireuen memberikan signal besar bahwa Mukhlis diterima oleh masyarakat. Tatkala bicara Golkar, bukan semata bicara nama caleg, tapi juga menyoal Mukhlis yang kian tersohor sebagai pengusaha yang sangat peduli kepada masyarakat dari Samalanga hingga Geurugok. Dari tepian Selat Malaka hingga Suka Tani di Juli.

Wakil Ketua DPRK Bireuen Syauqi Futaqi, S.Fil, menyambut haru prestasi Golkar. Dia menyebutkan prestasi besar dicapai setelah Mukhlis memegang kendali utama partai.

“Sejak Golkar Bireuen dipimpin oleh H. Mukhlis, kekompakan kader kian solid. Semua bergerak bersama, seiya sekata. Tiap ada masalah, selalu dapat diselesaikan,” sebut Syauqi Futaqi, kader Golkar yang bermukim di Samalanga.

Dalam operasi pemenangan Golkar pada Pemilu 2024, H. Mukhlis bertugas sebagai panglima tertinggi, sekaligus komandan operasi. Sedangkan para legislator dan ketua-ketua kecamatan bertugas sebagai perwira lapangan.

Para tim sukses dan caleg bergerilya hingga ke desa-desa pelosok, mengajak masyarakat yang sudah memiliki hak pilih, supaya mencoblos kader Golkar.

Kini perang Pileg 2024 telah usai. Bendera Partai Golkar Bireuen berkibar sebagai pemenang. Sosok H. Mukhlis Takabeya bin Cut Hasan kian diperbincangkan oleh masyarakat di akar rumput.

“Kami harus mengucapkan terima kasih kepada H. Mukhlis, kader dan masyarakat Bireuen. capaian ini merupakan hasil kerja kolaboratif di bawah komando Teungku Haji,” sebut Syauqi.

Lalu, setelah menang, apa yang akan dilakukan selanjutnya? “Tugas kami selanjutnya mewujudkan janji-janji kampanye. Bekerja lebih baik di Parlemen Bireuen, demi wujudnya keadilan pembangunan dan kesejahteraan rakyat,” imbuhnya.

H. Mukhlis Diminta Maju Pilkada 2024

Usai kemenangan besar, publik pun mulai menanyakan keseriusan Mukhlis maju sebagai calon Bupati Bireuen pada Pilkada 2024.

Razali (50) warga Juli mengatakan Direktur Utama PT Takabeya Perkasa Group harus memanfaatkan peluang besar ini. Golkar memegang kendali DPRK Bireuen. Artinya ke depan, bila ia terpilih sebagai kepala daerah, tidak mengalami kesulitan dalam mewujudkan cita-cita pembangunan.

Demikian juga pendapat Rosmawar (38). Perempuan beranak tiga itu mengatakan sang pengusaha merupakan filantropis yang telah dikenal luas. Kehadirannya semakin dibutuhkan di tengah-tengah masyarakat.

Suara-suara senada juga disampaikan oleh banyak orang. Sejak ia semakin massif bergerak di lapangan, warga bertambah banyak yang memberikan dukungan. Bila ia maju sebagai calon bupati, warga akan memilihnya.

Artikel SebelumnyaHaji Uma Dalam Ingatan Kolektif Orang Aceh
Artikel SelanjutnyaMantan Bendahara Partai Aceh Hasanuddin Sabon Tutup Usia
Muhajir Juli
Jurnalis bersertifikat Wartawan Utama Dewan Pers. Penulis buku biografi, serta tutor jurnalistik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here