Komparatif.ID, Lhokseumawe— Pendidikan anak usia dini merupakan pondasi penting dalam membentuk karakter dan potensi individu sejak dini. Dalam rangka memperkuat kualitas pendidikan di usia ini, dosen Prodi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh (Unimal) melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di TKIT Anak Shalih Lhokseumawe pada Selasa (13/18/2024).
Kegiatan ini merupakan bagian dari tri dharma perguruan tinggi yang mewajibkan dosen untuk terlibat dalam pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
Dengan tema “Pendampingan Deteksi Perkembangan Psikologis Siswa dan Pembelajaran STEAM Bagi Guru TK untuk Meningkatkan Keterampilan Guru Menciptakan Pembelajaran Kreatif pada Kurikulum Merdeka”, kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kapasitas guru dalam mendeteksi perkembangan psikologis siswa serta menerapkan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif.
Kegiatan pengabdian ini dipimpin oleh Zurratul Muna, S.Psi., M.Psi., Psikolog, yang dibantu oleh beberapa mahasiswa dari Program Studi Psikologi Unimal. Salah satu tujuan utama dari kegiatan ini adalah memberikan psikoedukasi kepada para guru untuk meningkatkan pengetahuan mereka tentang cara mendeteksi perkembangan psikologis siswa sejak dini.
Hal ini sangat penting mengingat banyaknya kasus siswa dengan kebutuhan khusus yang tidak terdeteksi di usia dini, yang kemudian berdampak pada proses belajar mereka di masa depan.
Kesadaran akan pentingnya deteksi dini ini diharapkan dapat menumbuhkan perhatian lebih dari para guru terhadap kondisi psikologis setiap siswa.
Baca juga: Mahasiswa Psikologi Unimal Gelar Psikoedukasi Penanganan Bullying
Selain deteksi perkembangan psikologis, kegiatan ini juga fokus pada pengenalan dan penerapan metode pembelajaran berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics).
Metode ini dianggap sangat relevan dengan Kurikulum Merdeka yang saat ini diterapkan di Indonesia. Melalui pendekatan STEAM, guru diajak untuk menciptakan pembelajaran yang lebih kreatif, interaktif, dan kontekstual, sehingga dapat mengoptimalkan potensi siswa dalam berbagai aspek.
Zurratul Muna menyampaikan selama ini banyak guru yang masih kebingungan dalam mendeteksi perkembangan psikologis siswa, terutama dalam mengidentifikasi siswa dengan kebutuhan khusus. Kondisi ini memerlukan perhatian serius agar setiap siswa mendapatkan penanganan yang tepat sejak dini.
“Selama ini guru masih kebingungan cara mendeteksi perkembangan psikologis siswa, sehingga banyak siswa ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) yang tidak terdeteksi,” ungkapnya.
Kegiatan pengabdian ini diikuti oleh seluruh guru dari TKIT Anak Shalih dan PAUD Annasya Adreena. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang digelar dosen Unimal.
Salah satu peserta menyampaikan harapannya agar kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut di masa mendatang, karena dinilai sangat bermanfaat dalam memberikan pencerahan bagi para guru, baik dalam mendeteksi perkembangan psikologis siswa maupun dalam merancang pembelajaran yang kreatif dan efektif berbasis STEAM.
“Harapannya kegiatan ini dapat terus berlanjut karena sangat bermanfaat dan memberikan pencerahan bagi guru dalam mendeteksi perkembangan psikologis siswa dan menentukan pembelajaran kreatif berbasis STEAM,” ucap salah satu peserta.