Kereta Api Bawah Air Pertama India: Ide 1 Abad Akhirnya Terwujud

Uji Coba kereta api bawah tanah melalui terowongan di bawah sungai Hooghly pada April 2023 lalu. Foto: PTI.
Uji Coba kereta api bawah tanah melalui terowongan di bawah sungai Hooghly pada April 2023 lalu. Foto: PTI.

Komparatif.ID, Kolkata— Para komuter di kota Kolkata, India, akan segera dapat menikmati pengalaman baru dalam sistem transportasi mereka. Pada bulan Desember tahun ini, kereta api bawah air pertama India akan dibuka, menghubungkan Kolkata dengan kota kembarnya, Howrah, melintasi sungai Hooghly.

Proyek ambisius ini merupakan hasil dari upaya panjang untuk memperluas dan memodernisasi sistem kereta metro di Kolkata. Namun, hanya sedikit yang tahu bahwa ide kereta api bawah tanah di kota ini sebenarnya sudah ada sejak lebih dari seabad yang lalu.

Sir Harley Dalrymple-Hay, seorang insinyur Inggris kelahiran Bengal, merancang sebuah rencana kereta api bawah tanah yang belum terealisasi pada tahun 1921. Rencananya melibatkan pembangunan jalur sepanjang 10,6 km dengan 10 perhentian, termasuk terowongan di bawah sungai Hooghly.

Namun, rencana besar ini terbentur masalah dana yang tidak mencukupi dan keraguan mengenai sifat geologis tanah kota. Akibatnya, rencana kereta bawah tanah tersebut tidak pernah terwujud.

Pada bulan Oktober 1984, Kolkata akhirnya memiliki jalur kereta metro pertamanya, menjadikannya kota pertama di India yang memiliki fasilitas transportasi ini. Awalnya hanya memiliki panjang 3,4 km dan lima stasiun, jaringan kereta metro Kolkata saat ini telah berkembang menjadi 26 stasiun sepanjang 31 km, dengan setengahnya beroperasi di bawah tanah.

Baca juga: Prediksi Cuaca: Banda Aceh Berawan, Bireuen Hujan Ringan

Kereta Api & Visi Dalrymple-Hay

Sekarang, pada Desember ini, Kolkata akan menjadi tuan rumah pembukaan jaringan kereta api bawah air pertama India yang akan melintasi sungai Hooghly. Terowongan bawah sungai sepanjang 520 meter ini adalah bagian dari jalur metro sepanjang 4,8 km yang menghubungkan Kolkata dengan Howrah. Terletak 52 kaki di bawah dasar sungai, terowongan ini diharapkan mampu melayani lebih dari 3.000 penumpang setiap jam.

Bagian bawah air ini adalah bagian dari rencana lebih besar untuk memperluas jalur kereta metro di Kolkata. Rencana tersebut mencerminkan visi Sir Harley Dalrymple-Hay pada tahun 1921, yang melibatkan jalur yang membentang ke utara dan selatan Kolkata tengah.

Walaupun rencana besar Sir Harley tidak pernah terwujud sepenuhnya, jejaknya masih terlihat di Kolkata. Pada tahun 1931, Sir Harley membangun terowongan bawah air pertama di kota ini untuk mengirim kabel listrik dari Kolkata ke Howrah. Terowongan tersebut masih digunakan hingga saat ini, walaupun hanya untuk kabel listrik, bukan kereta api.

Dalam upaya untuk meningkatkan kenyamanan penumpang, Sir Harley juga merekomendasikan pemasangan eskalator dan kipas angin di semua stasiun kereta bawah tanah. Dia menyadari pentingnya menjaga suhu yang nyaman di dalam kereta api dan stasiun bawah tanah, terutama mengingat suhu tinggi di permukaan Kolkata pada beberapa musim.

Dengan pembukaan kereta api bawah air pertama India di Kolkata bulan Desember ini, warga Kolkata akan dapat menikmati perjalanan yang lebih cepat dan nyaman antara dua kota tersebut. Proyek ini menjadi bukti kemajuan dan inovasi dalam sistem transportasi India, serta penghormatan terhadap visi dan upaya Sir Harley Dalrymple-Hay lebih dari seabad yang lalu.

Artikel SebelumnyaPrediksi Cuaca: Banda Aceh Berawan, Bireuen Hujan Ringan
Artikel SelanjutnyaGanja di antara Dua Makna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here