Komparatif.ID, Jakarta— Unicorn Indonesia pertama yang melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI), Bukalapak resmi mengumumkan penghentian layanan penjualan produk fisik di platform lokapasar (marketplace) mulai Selasa (7/1/2025).
Keputusan ini diungkapkan melalui keterangan tertulis di blog resmi Bukalapak sebagai bagian dari transformasi perusahaan untuk lebih berfokus pada pengembangan produk virtual. Langkah ini mencakup berbagai layanan digital seperti pulsa prabayar, token listrik, hingga voucher digital.
“Kami akan menghentikan operasional penjualan Produk Fisik di Marketplace Bukalapak,” tulis Bukalapak di blog resminya yang diakses Komparatif.ID pada Rabu (8/1/2025).
Dalam pengumuman tersebut, perusahaan menjelaskan layanan penjualan produk fisik seperti barang elektronik, busana, hingga aksesoris rumah akan dihentikan secara bertahap hingga Februari 2025.
Meski demikian, pengguna dan penjual (pelapak) masih memiliki waktu hingga 9 Februari 2025 pukul 23.59 WIB untuk melakukan pemesanan produk fisik di platform mereka.
Setelah itu, pengunggahan produk baru oleh pelapak akan dinonaktifkan mulai 1 Februari 2025, dan seluruh pesanan yang belum diproses hingga 2 Maret 2025 pukul 23.59 WIB akan dibatalkan secara otomatis. Dana dari pesanan yang dibatalkan akan dikembalikan kepada pembeli melalui BukaDompet.
Baca juga: JamesEdition.Com, Marketplace Tempat Crazy Rich Belanja
Head of Media and Communications Bukalapak, Dimas Bayu, memastikan meski layanan produk fisik dihentikan, platform marketplace akan tetap beroperasi dengan fokus yang sepenuhnya dialihkan ke produk virtual.
Dimas menyebut langkah ini sebagai bagian dari strategi perusahaan untuk mengoptimalkan layanan digital seperti paket data, pembayaran BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, serta produk berbasis voucher lainnya.
Bukalapak menyadari keputusan ini akan berdampak pada para pelapak yang selama ini mengandalkan platform untuk menjual produk fisik. Dalam pernyataan resminya, perusahan dengan kode emiten BUKA itu berkomitmen untuk mendukung proses transisi berjalan dengan lancar.
Pelapak juga diimbau untuk menyelesaikan seluruh pesanan yang masuk sebelum batas waktu yang ditentukan guna menghindari pembatalan otomatis.
“Dana dari pesanan yang dibatalkan akan dikembalikan kepada pembeli melalui BukaDompet. Terima kasih atas dukungan, kerja sama dan kepercayaan Pelapak selama ini,” tutupny..