Stellantis Akuisisi Share Now dari BMW dan Mercedes

Stellantis, perusahaan otomotif multinasional yang berkantor di Amsterdam, Belanda membeli Share Now, perusahaan penyedia layanan berbagi mobil patungan BMW dan Mercedes. Foto: Ist

Komparatif.ID, Amsterdam– Stellantis telah setuju untuk membeli perusahan gabungan BMW dan Mercedes Share Now, perusahan ini berfokus pada penyedia layanan berbagi mobil. Kedua produsen mobil Jerman itu kini fokus pada bagian pengembangan perangkat lunak dari aliansi mobilitas mereka.

Stellantis ingin memantapkan posisi mereka sebagai pemimpin global dalam bisnis layanan berbagi mobil, pembelian diumumkan pada hari Selasa (3/5) untuk memperluas bisnis yang telah tersedia di area tersebut. Share Now ialah pemimpin pasar Eropa saat ini, akuisisi oleh Stellantis memungkinkan pelanggan menggunakan smartphone untuk penyewaamobil jangka pendek termasuk kendaraan BMW, Mini, Mercedes, Smart dan Fiat di kota-kota di Eropa dan Amerika Utara.

Brigitte Courtehoux, kepala divisi mobilitas Stellantis Free2move, mengatakan kesepakatan itu adalah bagian dari rencana grup untuk meningkatkan pendapatan bersih dari bisnis itu menjadi 700 juta euro ($ 735 juta) pada 2025, dan menjadi 2,8 miliar euro pada 2030, naik dari 40 juta euro.

“Kami benar-benar akan mempercepat dalam hal pendapatan,” katanya.

Stellantis akan memperkuat divisi mobilitasnya Free2move melalui kesepakatan, dan berharap dorongan global untuk mengurangi emisi juga akan mendorong permintaan untuk berbagi mobil dan membuka aliran keuntungan baru. Selama dekade berikutnya, Stellantis bermaksud untuk memperluas kehadiran Free2move di seluruh dunia, menargetkan miliki 15 juta pengguna aktif.

Target datang sedikit lebih dari tahun lalu setelah merger Fiat Chrysler dan PSA Group untuk membentuk pabrikan luas dari 14 merek dengan papan nama seperti Jeep, Peugeot dan Fiat untuk menambah skala di EV dan penggerak otonom.

Penjualan tersebut menandai langkah lain dalam membentuk kembali penawaran mobilitas untuk BMW dan Mercedes, yang menggabungkan layanan masing-masing pada tahun 2018 untuk mengambil alih penyedia layanan seperti Uber Technologies dan menghemat biaya. Keputusan pembuat mobil Jerman untuk membuang layanan berbagi mobil menjadi tantangan baru bagi kedua perusahan otomotif besar itu.

BMW dan Mercedes mulai mengembangkan layanan Share Now pada tahun 2011 dan 2008. Pengembangan dimaksud sebagai cara untuk mendapatkan pembeli yang lebih muda, untuk mencoba merek mereka dan mengikuti perubahan kebutuhan mobilitas di kota.

Stellantis, dengan kehadirannya yang luas di Amerika Utara melalui merek Chrysler dan Jeep, dapat memiliki peluang yang lebih baik untuk kesuksesan layanan berbagi mobil. Perusahaan Belanda ini secara bertahap akan menggantikan kendaraan BMW dan Mercedes dalam armadanya dengan model dari merek Stellantis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here