Komparatif.ID— Enam minggu setelah dirilis di bioskop, Inside Out 2 yang diproduksi Disney kini mencatatkan diri sebagai film animasi terlaris sepanjang masa.
Sekuel dari Inside Out (2015) ini berhasil meraup pendapatan sebesar $1,46 miliar di box office global, memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh Frozen II yang menghasilkan $1,45 miliar pada 2019 lalu.
Pendapatan Inside Out 2 diperkirakan akan terus meningkat dalam beberapa minggu mendatang, terutama dengan penayangan yang segera dimulai di Jepang. Keberhasilan ini juga membuat film ini jauh melampaui film tersukses tahun lalu, Barbie, yang “hanya” meraih $1,45 miliar.
Meski memiliki catatan impresif, Inside Out 2 belum mampu melampaui remake The Lion King milik Disney yang dirilis pada 2019 yang menghasilkan $1,65 miliar total pendapatan.
Meskipun secara teknis The Lion King dibuat dengan komputer, Hollywood menggolongkannya sebagai remake versi live-action, sehingga tidak dianggap sebagai film animasi.
Secara keseluruhan, Inside Out 2 kini menjadi film terlaris ke-13 sepanjang masa. Meski begitu, film ini masih perlu menempuh jalan panjang untuk mengejar film-film yang berada di puncak daftar, seperti Avatar yang menghasilkan $2,9 miliar dan Avengers: Endgame dengan pendapatan $2,7 miliar.
Dari total pendapatan, sekitar $601 juta diperoleh di Amerika Serikat, sementara $861 juta diperoleh di negara lain, termasuk $61 juta di Inggris.
Baca juga: Riset Mendalam Punya Peran Besar Kesuksesan Film
Di pasar Indonesia sendiri, film yang digarap oleh Kelsey Mann ini meraup $1 juta hanya pada minggu pembukaan. Hingga saat ini, Inside Out 2 tercatat telah meraih $5,7 juta di Indonesia.
Biaya produksi Inside Out 2 dilaporkan mencapai sekitar $200 juta, belum termasuk biaya tambahan seperti pemasaran.
Kesuksesan film ini menandai kebangkitan kembali bagi Pixar, yang dalam beberapa tahun terakhir mengalami kesulitan. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh beberapa film yang dirilis langsung ke layanan streaming tanpa melalui bioskop.
Inside Out dan sekuelnya berfokus pada sekelompok karakter yang mewakili emosi di dalam kepala seorang gadis muda bernama Riley.
Dalam film terbarunya, Joy, Sadness, Disgust, Anger, dan Fear bergabung dengan karakter-karakter baru seperti Anxiety, Envy, dan Embarrassment saat Riley beranjak remaja.
10 film animasi terlaris sepanjang masa
- Inside Out 2 (2024) – $1,46 miliar
- Frozen II (2019) – $1,45 miliar
- Film Super Mario Bros. (2023) – $1,36 miliar
- Frozen (2013) – $1,27 miliar
- Incredibles 2 (2018) – $1,24 miliar
- Minion (2015) – $1,16 miliar
- Toy Story 4 (2019) – $1,072 miliar
- Toy Story 3 (2010) – $1,068 miliar
- Despicable Me 3 (2017) – $1,032 miliar
- Finding Dory (2016) – $1,025 miliar